Informasi Libur Tahun Ajaran 2023/2024 SMK Pasundan 2 Banjaran

 

Tidak terasa tahun ajaran 2023/2024 sudah berakhir, ditandai dengan pembagian rapor yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Juni 2024. Dengan sudah dilaksanakannya pembagian rapor tersebut maka siswa/i SMK Pasundan 2 Banjaran memasuki masa liburan panjang selama kira-kira 2 minggu.

Sesuai dengan kalender pendidikan SMK Pasundan 2 Banjaran dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, libur akhir tahun ajaran 2023/2024 dimulai dari Hari Jum'at tanggal 28 Juni 2024 sampai dengan hari Jum'at tanggal 12 Juli 2024, dan siswa/i mulai masuk sekolah kembali pada tahun ajaran 2024/2025 mulai hari Senin tanggal 15 Juli 2024.

Waktu belajar efektif untuk minggu pertama kemungkinan dimulai hari Senin tanggal 22 Juli 2024, dikarenakan di minggu pertama rencananya akan dilaksanakan kegiatan MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) untuk siswa/i baru kelas X yang kemungkinan akan diteruskan dengan kegiatan camping.

Pada tahun ajaran 2023/2024 yang sudah berlalu, alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan lancar. Siswa/i kelas X dan XI naik 100%, dan kelas XII Lulus 100%, bahkan sebagian siswa kelas XII ada yang sudah bekerja di perusahaan sebelum pembagian Ijazah, hanya saja sebagian siswa kelas X ada yang tidak meneruskan bersekolah di SMK Pasundan 2 Banjaran dengan alasan ingin pindah sekolah (mutasi) dikarenakan satu dan lain hal, tetapi bukan karena tidak betah, karena sudah dimintai keterangan alasan pindahnya bukan karena tidak betah, menurut siswa tersebut suasana KBM ( Kegiatan Belajar Mengajar ) sudah sangat nyaman, fasilitas memadai dan guru-guru beserta staff tenaga administrasi pun sangat ramah dalam melayani siswa/i ataupun orangtua/wali siswa/i.

Pada tahun ajaran 2024/2025, kegiatan KBM efektif akan mulai kembali pada hari Senin tanggal 22 Juli 2024. Tetapi selama libur akhir tahun ajaran 2023/2024, kegiatan sekolah masih berlangsung dikarenakan adanya kegiatan PPDB ( Penerimaan Peserta Didik Baru ), di mana seluruh Tenaga Administrasi atau lebih dikenal dengan TU dan Staff Wakasek beserta pembantu Ur. Wakasek tetap bekerja, terutama TU/ Staff Wakasek yang terlibat langsung dalam kegiatan PPDB tersebut. Selain TU, beberapa guru yang terlibat dalam kepanitiaan PPDB juga masih bekerja.

PPDB tahun ajaran 2024/2025 masih dibuka, sampai dengan hari Jum'at tanggal 28 Juni 2024 jumlah pendaftar sebanyak kurang lebih 300 siswa atau 10 rombel dari target siswa/i sebanyak 540 atau 15 rombel, masih belum tercapainya target 15 rombel itu dikarenakan kebanyakan siswa/i lulusan SMP sederajat tahun ajaran 2023/2024 masih menunggu pengumuman penerimaan dari SMA/SMK Negeri, karena kebanyakan siswa/i itu masih mengharapkan untuk diterima di sekolah negeri dengan berbagai alasan, padahal kalau dibanding-bandingkan antara sekolah negeri dan swasta itu tidak terlalu jauh berbeda dari segi kualitas, memang sekolah negeri itu dari segi kualitas penunjang praktek dinilai lebih memadai, itu dikarenakan terjaminnya keuangan sekolah oleh negara, terutama dalam hal honorarium untuk seluruh tenaga pengajar dan tenaga administrasinya, sehingga mereka bisa memaksimalkan dana BOSP (Bantuan Operasional Satuan Pendidikan) untuk fasilitas sekolah seperti ruang praktek dan peralatannya, berbeda dengan swasta dana BOSP belum bisa dimaksimalkan untuk hal tersebut, karena sebagian dari dana BOSP itu dipakai untuk honor (sebanyak maksimal 50% dari total dana BOSP), itupun belum bisa terpenuhi 100% karena sebagian lagi masih mengandalkan keuangan dari orangtua siswa/i untuk memenuhinya, walaupun ada sebagian dari orangtua siswa/i yang belum secara maksimal mendukung keuangan sekolah, mereka masih lebih mementingkan kebutuhan lainnya seperti rekreasi/liburan ataupun membeli berbagai kebutuhan sekunder lainnya.

Jadi bagi bapak/ibu yang mau menyekolahkan putra/i nya ke SMK Pasundan 2 Banjaran, kuota masih terbuka untuk semua jurusan dari mulai Teknik Instalasi Tenaga Lisrik, Teknik Pemesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Teknik Sepeda Motor.

Untuk informasi lebih lanjut, bisa kunjungi website ppdb.p2b.sch.id atau bisa datang langsung ke alamat sekolah di Jl. Stasiun Timur no. 62 Banjaran, Telp. (022)5941441.


Post a Comment

0 Comments